CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Jumat, 05 Maret 2010

Tugas Kelompok 2

1. Hubungan Psikologi Pendidikan dengan Media Pembelajaran

Apa saja manfaat dan kelebihan media pembelajaran?
Menurut hasil diskusi kami, media pembelajaran sangat penting dalam dunia pendidikan. Media pembelajaran mampu menyalurkan pelajaran kepada para siswa dengan cara yang menarik, merangsang perhatian, minat, pikiran, dan perasaan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Media pembelajaran memiliki 3 kelebihan sebagai berikut:
  • Kemampuan fiksatif, yaitu kemampuan untuk bisa menangkap, menyimpan, dan memproyeksikan kembali suatu objek. Hal ini memudahkan para siswa dalam melakukan observasi pada suatu kejadian seperti di tempat aslinya. Contohnya; video, foto, dan slide presentasi.
  • Kemampuan manipulatif, yaitu kemampuan media untuk menapilkan kembali objek dalam berbagai macam perubahan sesuai keperluan. Contohnya; dirubah ukurannya, warnanya, atau kecepatannya.
  • Kemampuan distributif, yaitu kemampuan media untuk menjangkau audience yang banyak dalam sekali penyajian secara serentak. Contohnya; televisi, radio, dan internet.

Jadi, singkatnya kita tahu bahwa media pembelajaran merupakan perantara yang mengantarkan informasi dari guru atau pengajar kepada siswa. Itulah sebabnya media pembelajaran memegang peranan yang besar dalam perkembangan dunia pendidikan.

Referensi :
http://dosen.fip.um.ac.id/sihkabuden/?p=6
http://citraedukasi.blogspot.com/2008/12/media-pembelajaran.html
http://www.freewebs.com/santyasa/pdf2/MEDIA_PEMBELAJARAN.pdf
http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2009/10/12/umpan-balik-yang-efektif-bagi-siswa/
http://sutisna.com/pendidikan/media-pendidikan/manfaat-media-pendidikan/


2. Hubungan Psikologi Pendidikan dengan Teknologi Pembelajaran

Apa itu teknologi pembelajaran dan tujuannya dalam dunia pendidikan?
Teknologi pembelajaran adalah tehnik pembelajaran yang terlahir akibat revolusi komunikasi dimana teknologi tersebut digunakan dalam proses belajar mengajar disamping guru dan text book. Contohnya; TV, OHP, dan slide proyektor. Serta perangkat lunak ,maupun perangkat keras komputer yang mendukung proses pembelajaran (Commision on Instructional Technology,1970:21).

Teknologi pembelajaran memiliki 2 tujuan utama yaitu:
  • Untuk memecahkan masalah belajar atau menfasilitasi pembelajaran
  • Untuk meningkatkan kinerja dari proses pembelajaran

Referensi :
http://sweetyhome.wordpress.com/2008/06/20/pengertian-teknologi-pembelajaran-tp/
http://mardikanyom.tripod.com/Online%20Learning.pdf http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/04/20/teknologi-pembelajaran/
http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/09/26/sumber-sumber-yang-mempengaruhi-teknologi-pembelajaran/
http://www.wijayalabs.com/2008/06/23/kawan-teknologi-pembelajaran/

3. Ragam Model Pembelajaran

Bagaimana penerapan bermacam model pembelajaran dalam dunia pendidikan?
Model pembelajaran mempunyai makna yang lebih luas dari pada strategi, metode atau prosedur pembelajaran. Istilah model pembelajaran mempunyai 4 ciri khusus yang tidak dipunyai oleh strategi atau metode pembelajaran :
  1. Rasional teoritis yang logis yang disusun oleh pendidik.
  2. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai
  3. Langkah-langkah mengajar yang duperlukan agar model pembelajaran dapat dilaksanakan secara optimal.
  4. Lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran dapat dicapai.

Model pembelajaran mempunyai beberapa macam ragam :
a. Model pembelajaran langsung
Ciri-cirinya adalah :
  • · Adanya tujuan pembelajaran dan prosedur penilaian hasil belajar
  • · Pola keseluruhan dan alur kegiatan pembelajaran
  • · Sistem pengelolaan dan lingkungan belajar mendukung berlangsungnya serta berhasilnya pembelajaran

Peran guru :
  • · Menjelaskan tujuan pembelajaran
  • · Mendemonstrasikan pengetahuan
  • · Membimbing pelatihan dan memberi feedback
  • · Memberikan latihan dan penerapan konsep

b. Model pembelajaran kooperatif
Model pembelajaran ini merupakan pembelajaran yang mengutamakan kerjasama sehingga memungkinkan untuk belajar bersama teman , belajar dengan kelompok , produktif berpendapat dan menjadi siswa yang aktif.

c. Model pembelajaran berdasarkan masalah
Model pembelajaran ini didasarkan pada suatu masalah yang menjadi pusat perhatian.
Tujuaannya:
  • Membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir dan keterampilan dalam pemecahan masalah.
  • Belajar peranan orang dewasa yang autentik
  • Menjadi pelajar yang mandiri

Referensi:
http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/03/21/penelitian-tindakan-kelas-part-ii/
http://sweetyhome.files.wordpress.com/2009/08/berkas-cooperative-learning2.pdf
http://linabudi.student.fkip.uns.ac.id/2009/10/30/macam-macam-metode-pembelajaran/http://anwarholil.blogspot.com/2009/04/ragam-pembelajaran-kooperatif-kelompok.htmlhttp://djohar1962.blogspot.com/2009/06/ragam-pendekatan-pembelajaran.html

Testimoni :
Ini untuk pertama kalinya kami mengikuti kuliah online. Kuliah ini sangat menarik bagi kami, meski kami akui cukup merepotkan karena beberapa anggota kelompok kami tidak membawa laptop dan jaringan wi-fi agak bermasalah. Namun, kami tetap bisa menyelesaikan tugas ini semaksimal mungkin. Mohon maaf jika masih ada kekurangan di sana sini. Terima kasih.

Kelompok J :
Florence (09-022)
Magdalena (09-070)
Westley(09-084)

0 komentar: